RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 2 Cibingbin
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VII/I
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
A. Standar Kompetensi
4. Membiasakan Perilaku Terpuji
B. Kompetensi Dasar
4.2. Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadhu, taat, qanaah dan sabar
C. Tujuan Pembelajaran / Indikator Pencapaian
Setelah proses pembelajaran siswa dapat :
1. membedakan contoh perilaku tawadhu
2. menunjukan contoh perilaku taat
3. mempraktekan contoh perilaku qanaah
4. terbiasa berperilaku sabar
E. Karakter yang diharapkan
1. Religius
2. Rendah hati
3. Disiplin
4. Sederhana
5. Penyabar
F. Materi Pembelajaran
Contoh-contoh perilaku tawadhu, taat, qanaah dan sabar
G. Model/ metode Pembelajaran
1. Model : Cooperative Learning
2. Metode : Penugasan, Diskusi dan Tanya jawab
H. Skenario / Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran | Pengelolaan Kelas | Waktu (menit) |
I. Kegiatan Pendahuluan a. Apersepsi - Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar - Guru melakukan Fres test b. Motivasi - Guru memotivasi siswa tentang indahnya orang yang berperilaku tawadhu, taat, qanaah dan sabar - Guru menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai II. Kegiatan Inti a. Eksplorasi - Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan siswa - Siwa berdiskusi dalam kelompok untuk mengetahui lebih jauh tentang contoh perilaku yang mencerminkan tawadhu, taat, qanaah dan sabar - Siswa dalam diskusi terus mencari tahu tetang contoh perilaku tawadhu, taat, qanaah dan sabar b. Elaborasi - Siswa melakukan tanya jawab dengan temannya dalam satu kelompok hal contoh perilaku qanaah, taat, qanaah dan sabar - Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok untuk kemudian di kritisi oleh kelompok lain satu kelas c. Konfirmasi - Guru dan siswa secara bersama-sama menelaah lebih lanjut jawaban-jawaban dari tiap kelompok - Guru bertanya kepada para siswa apakah mengalami kesulitan membedakan contoh perilaku tawadhu, taat, qanaah dan sabar III. Kegiatan Penutup a. Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan materi pembelajaran b. Guru memberikan sejumlah pertanyaan sebagai post test c. Guru melakukan penilaian, kemudian melakukan refleksi atas kegiatan yang baru dilakukan. d. Guru memberikan tugas untuk mempersiapkan kompetensi dasar berikutnya. | Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal Kelompok Kelompok Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal | 5 5 25 20 10 15 |
H. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Ayo Belajar AGAMA ISLAM kelas VII, M. Nasikin dkk, Jakarta. Erlangga. 2007
2. Buku Pendidikan Agama Islam kelas VII, Asep Herdi dkk. Bandung. Regina. 2005
3. LKS Merpati, Jakarta. Graha Pustaka. Tahun 2007
I. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen | Kunci Jawaban | Skor |
1. siswa dapat membedakan contoh perilaku tawadhu 2. siswa dapat menunjukan contoh perilaku taat 3. siswa dapat menampilkan contoh perilaku qanaah 4. siswa dapat terbiasa menampilkan berperilaku sabar | Test Tulis Test Tulis Test Tulis Tes Tulis | Jawaban singkat Jawaban singkat Jawaban singkat Uraian | Berilah contoh prilaku yang mencerminkan sifat tawadhu ! Berilah contoh perilaku yang mencerminkan sifat taat di lingkungan sekolah! Tunjukan perilaku yang mencerminkan sifat qanaah ! Sebutkan perbuatan apa saja yang dilakukan jika anda terkena musibah ! | Terlampir Terlampir Terlampir Terlampir | 2,5 2,5 2,5 2,5 |
Jumlah skor | 10 |
Pedoman Penilaian :
Soal no 1 = 2,5
Soal no 2 = 2,5
Soal no 3 = 2,5
Soal no 4 = 2,5
Seluruh skor dijumlahkan
Bandung, Desember 2011
Mengetahui: Guru Mapel PAI
Kepala SMP N 2 Cibingbin
Drs. H. Jamhadi Hernadi, MM Sobarudin, S.Ag.
NIP. 19591007 197803 1 006 NIP. 19730802 200801 1 005
Saran :
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran 1.
Kunci Jawaban
1. Bersikap sederhana dan tidak berlebih-lebihan (tentatif)
2. Mengerjakan PR yang diberikan guru secara tepat waktu (tentatif)
3. Bersikap tenang dan berprasangka baik terhadap Allah (tentatif)
4. a. mengucapkan Innalillahi wainna ilaihi rojiun
b. berusaha menghibur diri untuk tidak larut dalam kesedihan
c. segera mengatasi musih yang terjadi dengan kegiatan positif
d. memohon kepada Allah agar diberi kekuatan iman dan Islam (tentatif)
Lampiran 2.
Materi Pokok atau Bahan Ajar
Rasulallah adalah suri tauladan yang terbaik bagi umat Islam, karena beliau hamba Allah yang beriman dan berilmu serta ber akhlak mulia. Islam mendidik umat manusia agar berakhlak mulia.
Diantara sekian banyak akhlah yakni :
1. Tawadhu
Pengertian tawadhu secara bahasa berarti rendah hati, sedangkan secara istilah tawadhu berarti sikap merendahkan hati, baik dihadapan Allah maupun dihadapan manusia. Allah berfirman dalam surat Al-Furqan ayat 63.
ß$t7Ïãur Ç`»uH÷q§9$# úïÏ%©!$# tbqà±ôJt n?tã ÇÚöF{$# $ZRöqyd #sÎ)ur ãNßgt6sÛ%s{ cqè=Îg»yfø9$# (#qä9$s% $VJ»n=y ÇÏÌÈ
Artinya: “Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.”
- Contoh perbuatan yang mencerminkan perilaku tawadhu diantaranya adalah berpenampilan sederhana dan tidak berlebihan.
2. Taat
Pengertian taat secara bahasa adalah patuh, setia, tidak berlaku curang. Sedangkan secara istilah berarti sikap seseorang yang senantiasa patuh dan taat terhadap beraturan yang berlaku.
Ada perintah yang harus di taati oleh umat Islam, yaitu :
1. Taat kepada Allah
2. Taat kepada Rasul-Nya
3. Taat kepada pemimpin.
Berkaitan dengan ini Allah berfirman dalam surat An-Nisa ayat 59.
$pkr'¯»t tûïÏ%©!$# (#þqãYtB#uä (#qãèÏÛr& ©!$# (#qãèÏÛr&ur tAqߧ9$# Í<'ré&ur ÍöDF{$# óOä3ZÏB (
Artinya :” Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, Maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.”
- Sebagai contoh perilaku yang mencerminkan sifat taat adalah:
1. Jika berkendaraan, tidak menerobos lampu merah meskipun Polisi tidak ada di tempat jaganya.
2. Membayar pajak sesuai dengan ketentuan
3. Mengerjakan PR yang diberikan gurunya di sekolah secara tepat waktu
3. Qana’ah
Pengertian Qanaah secara bahasa berarti cukup, sedangkan secara istilah berarti merasa cukup dengan atas apa yang telah Allah karuniakan kepada kita sehingga diri kita tidak tamak.
- Sebagai contoh perilaku yang mencerminkan sifat qana’ah diantaranya:
1. Tidak merasa iri atas atas kekayaan orang lain yang lebih
2. Hidup secara sederhana meskipun sebenarnya kaya
3. Bersikap tenang dan berprasangka baik
4. Sabar
Pengertian sabar secara bahasa berarti menahan atau mengekang. Sedangkan menurut istilah sabar berarti menahan diri dari segala sesuatu yang tidak disukai karena mengharap ridha Allah SWT.
Berkaitan dengan ini Allah Berfirman dalam surat Lukman ayat 17
÷É9ô¹$#ur 4n?tã !$tB y7t/$|¹r& ( ¨bÎ) y7Ï9ºs ô`ÏB ÇP÷tã ÍqãBW{$# ÇÊÐÈ
Artinya : ”dan Bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal yang penting.”
- Sebagai salah satu contoh dari sifat sabar adalah dapat menahan marah padahal memungkinkan dapat dilampiaskan, bersabar dalam belajar dan budaya antri.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 2 Cibingbin
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VII/2
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi
10. Meningkatkan keimanan kepada malaikat
B. Kompetensi Dasar
10.1. Menjelaskan arti beriman kepada malaikat
10.2. Membedakan tugas-tugas malaikat
C. Tujuan Pembelajaran/Indikator Kompetensi
Setelah proses pembelajaran siswa dapat :
1. menjelaskan pengertian iman kepada malaikat
2. menetahui sifat-sifat malaikat
3. mengetahui tugas-tugas malaikat
D. Karakter yang diharapkan
1. Religius
2. Teliti/hati-hati
3. Tanggung Jawab
4. Disiplin
E. Materi Pembelajaran
1. Pengertian iman kepada malaikat
2. Sifat-sifat malaikat
3. Tugas -tugas Malaikat
F. Model/Metode Pembelajaran
1. Model : Cooperative Learning
2. Metode : Ceramah, Tebak Kata, Diskusi
G. Skenario/Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran | Pengelolaan Kelas | Waktu (menit) |
I. Kegiatan Pendahuluan a. Apersepsi - Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar - Guru melakukan Fres test b. Motivasi - Guru memotivasi siswa agar siswa terdorong untuk mau belajar mengimani malaikat - Guru menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai II. Kegiatan Inti a. Eksplorasi - Guru menjelaskan depinisi beriman kepada Malaikat - Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan siswa - Siwa melakukan kegiatan pembelajaran dengan metode tebak kata - Siwa melakukan diskusi dalam kelompok untuk mengeksplorasi tugas-tugas malaikat b. Elaborasi - Siswa melakukan tanya jawab dengan temannya dalam satu kelompok mengenai definisi beriman kepada malaikat - Siswa dalam kelompok berdiskusi mengenai tugas-tugas malaikat c. Konfirmasi - Guru dan siswa bersama-sama mengkaji jawaban-jawaban dari tiap kelompok - Guru bertanya kepada para siswa apakah mengalami kesulitan mendefinisikan beriman kepada malaikat dan tugas-tugas malaikat III. Kegiatan Penutup a. Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan materi pembelajaran b. Guru memberikan sejumlah pertanyaan sebagai post test c. Guru melakukan penilaian, kemudian melakukan refleksi atas kegiatan yang baru dilakukan. d. Guru memberikan tugas untuk mempersiapkan kompetensi dasar berikutnya. | Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal Kelompok Kelompok Kelompok Kelompok Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal | 5 5 25 20 10 15 |
H. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Ayo Belajar AGAMA ISLAM kelas VII, M. Nasikin dkk, Jakarta. Erlangga. 2007
2. Buku Pendidikan Agama Islam kelas VII, Asep Herdi dkk. Bandung. Regina. 2005
3. Buku LKS Merpati, Jakarta. Graha Pustaka. Tahun 2007
I. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen | Kunci Jawaban | Skor |
1. Menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah. 2. Menyebutkan jumlah dan nama malaikat yang perlu diketahui 3. Menyebutkan tugas malaikat 4. Menyebutkan tugas malaikat | Test Tulis Test Tulis Test Tulis Tes Tulis | Uraian Uraian Jawaban singkat jawaban Singkat | 1. Sebutkan pengertian beriman kepada malaikat Allah 2. Berapa jumlah malaikat yang perlu diketahui dan sebutkan satu persatu ! 3. Malaikat yang bertugas mencatat amal baik adalah... Malaikat yang bertugas menjaga surga adalah... | Terlampir Terlampir Terlampir Terlampir | 2 4 2 2 |
Jumlah skor | 10 |
Pedoman Penilaian :
Soal no 1 = 2
Soal no 2 = 4
Soal no 3 = 2
Soal no 4 = 2
Seluruh skor dijumlahkan
Bandung, Desember 2011
Mengetahui: Guru Mapel PAI
Kepala SMP N 2 Cibingbin
Drs. H. Jamhadi Hernadi, MM Sobarudin, S.Ag.
NIP. 19591007 197803 1 006 NIP. 19730802 200801 1 005
Saran :
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran 1:
Kunci Jawaban
1. Iman Kepada Malaikat berarti percaya dan meyakini dalam hati bahwa benar-benar malaikat Allah itu ada.
2. Malaikat yang perlu diketahui berjumlah 10, yaitu :
1. Jibril
2. Mikail
3. Israfil
4. Izrail
5. Rakib
6. Atid
7. Munkar
8. Nakir
9. Malik
10. Ridwan
3. Atid
4. Ridwan
Lampiran 2:
Materi / Bahan Ajar
A. Pengertian Iman Kepada Malaikat
Iman kepada malaikat berarti meyakini dan percaya dengan sepenuh hati bahwa malaikat Allah itu benar-benar ada. Keberadaan malaikat bersifat ghaib, artinya tidak dapat dilihat oleh mata, tetapi keberadaannya sapat diketahui dan dapat difahami melalui wahyu yang diterima oleh para Nabi atau Rasul.
Iman kepada malaikat termasuk rukun iman yang kedua. Kedudukan iman kepada malaikat sama dengan kedudukan iman kepada rukun iman yang lainnya.
Meyakini adanya malaikat merupakan rangkaian dari rukun iman. Rukun iman yang jumlahnya ada 3nam, merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan, juga tidak dapat di pilih-pilih. Sehingga tidak bisa dikatakan orang beriman jika tidak meyakini salah satu dari rukun iman tersebut.
B. Nama malaikat dan tugasnya
No | Nama Malaikat | Tugas Malaikat |
1. | Jibril | Menyampaikan wahyu |
2. | Mika’il | Menyampaikan rizki |
3. | Israfil | Meniup terompet |
4. | Izra’il | Mencabut nyawa |
5. | Rakib | Mencatat amal baik |
6. | Atid | Mencatat amal buruk |
7. | Munkar | Memeriksa di alam kubur |
8. | Nakir | Memeriksa di alam kubur |
9. | Malik | Menjaga neraka |
10. | Ridwan | Menjaga surga |
C. Sifat Malaikat
Malaikat adalah makhluk Allah yang halus yang diciptakan dari nur (cahaya) yang tidak mampu dipandang oleh mata.
Sifat malaikat antara lain :
1. Tidak berjenis kelamin
2. Selalu taat kepada perintah Allah
3. Tidak membutuhkan makan dan minum
4. Tidak pernah tidur
5. Dapat berubah wujud
6. Tidak berayah dan beribu
7. Selalu beribadah kepada Allah tanpa lelah
8. Selalu memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman.
D. Kesimpulan
1. Iman kepada malaikat merupakan pengamalan rukun iman yang ke 2
2. Dengan mengetahui nama malaikat dan tugas-tugasnya, hidup kita akan menjadi tenang dan merasa nyaman, serta berhati-hati dalam menjalani hidup.
3. Kebanyakan manusia berbuat kesalahan dan dosa, dia tidak menyadari bahwa dirinya selalu diawasi oleh Allah dan malaikat.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 2 Cibingbin
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VIII/II
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
A. Standar Kompetensi
12. Membiasakan Perilaku Terpuji
B. Kompetensi Dasar
12.1. Menjelaskan adab makan dan minum.
12.2. Menampilkan contoh adab makan dan minum.
C. Tujuan Pembelajaran /Indikator Kompetensi
Setelah mengikuti proses pembelajaran siswa dapat :
1. Menyebutkan adab makan dan minum yang benar.
2. Menjelaskan secara urut adab makan dan minum yang benar.
3. Mempraktikan adab makan dan minum yang benar.
4. Mempraktikkan contoh adab makan dan minum yang tidak benar.
5. Mempraktekan adab makan dan minum di lingkungan sekolah.
D. Karakter yang diharapkan :
1. Religius, Tertib, Disiplin, Hemat, Tanggung jawab.
E. Materi Pembelajaran
Adab makan dan minum dalam Islam (terlampir).
F. Model/Metode Pembelajaran
1. Model : Cooperative Learning
2. Metode : Ceramah, Demostrasi, Tanya jawab, Resitasi
H. Skenario / Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran | Pengelolaan Kelas | Waktu (menit) |
I. Kegiatan Pendahuluan a. Apersepsi - Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar - Guru melakukan Fres test b. Motivasi - Guru memotivasi siswa tentang indahnya hidup sehat melalui pola makan - Guru menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai II. Kegiatan Inti a. Eksplorasi - Guru menjelaskan adab makan dan minum dalam Islam - Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan siswa - Siswa mempraktekan adab makan dan minum yang sesuai dengan ajaran islam - Siswa mempraktekan adab makan dan minum yang tidak benar, b. Elaborasi - Siswa melakukan tanya jawab dengan temannya mengenai adab makan dan minum yang benar dalam Islam. - Siswa bersama-sama saling melihat diantara temanya mempraktekan makan dan minum c. Konfirmasi - Guru dan siswa secara bersama-sama memperhatikan siapa-siapa saja yang belum bisa mempraktekan adab makan dan minum yang benar sesuai ajaran Islam - Guru bertanya kepada para siswa apakah mengalami kesulitan dalam mempraktekan adab makan dan minum yang benar III. Kegiatan Penutup a. Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan materi pembelajaran b. Guru memberikan sejumlah pertanyaan sebagai post test c. Guru melakukan penilaian, kemudian melakukan refleksi atas kegiatan yang baru dilakukan. | Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal Kelompok Kelompok Kelompok Kelompok Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal Klasikal | 5 5 25 20 10 15 |
H. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Ayo Belajar AGAMA ISLAM kelas VIII, M. Nasikin dkk, Jakarta. Erlangga. 2007
2. Buku Pendidikan Agama Islam kelas VIII, Asep Herdi dkk. Bandung. Regina. 2005
3. LKS Merpati kelas VIII, Jakarta. Graha Pustaka. Tahun 2007
I. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen | Kunci Jawaban | Skor | ||
1.Menyebutkan adab makan dan minum yang benar. 2.Menjelaskan secara urut adab makan dan minum yang benar. 3.Mempraktikan adab makan dan minum yang benar. 4.Mempraktikkan adab makan dan minum yang tidak benar. 5.Mempraktekan adab makan dan minum di lingkungan sekolah | Test Tulis Test Tulis Unjuk kerja Unjuk kerja Penugasan | Jawaban singkat Jawaban singkat Praktek Praktek Pembiasaan | Sebutkan adab makan dan minum yang benar yang kamu ketahui ! Sebutkan secara berurutan adab makan dan minum yang benar ! Coba praktekan adab makan dan minum yang benar ! Silahkan praktekan contoh adab makan dan minum yang tidak benar ! Praktekan adab makan dan minum di lingkungan sekolahmu ! | Terlampir Terlampir Terlampir Terlampir Pengamatan | 15 15 20 20 30 | ||
Jumlah skor | 10 | | 1. Jelaskan tatacara minum yang benar! |
Pedoman Penilaian :
Soal no 1 = 15
Soal no 2 = 15
Soal no 3 = 20
Soal no 4 = 20
Soal no 5 = 30
Seluruh skor dijumlahkan kemudian dibagi 10
Bandung, Desember 2011
Mengetahui: Guru Mapel PAI
Kepala SMP N 2 Cibingbin
Drs. H. Jamhadi Hernadi, MM Sobarudin, S.Ag.
NIP. 19591007 197803 1 006 NIP. 19730802 200801 1 005
Saran :
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran 1.
Kunci Jawaban
1. Adab makan dan minum dalam Islam :
a. Pilihlah Makanan dan minuman yang halal dan baik.
b. Hendaklah mencuci tangan terlebih dahulu
c. Membaca Basmalah dan do’a sebelum makan
d. Memulai makan atau minum dengan tangan kanan terlebih dahulu
e. Makan hendaklah sambil duduk
f. Hendaklah mengambil makanan yang mudah terjangkau
g. Bersikap sopan dan menghindari hal yang bisa mengganggu proses makan
h. Dilarang mencela makanan dan minuman, jika suka silahkan ambil (konsumsi)
i. Tidak makan selagi makanan atau minuman masih panas
j. Makan dengan tidak tergesa-gesa
k. Membaca do’a sesudah makan
l. Merapihkan kembali peralatan setelah selesai makan.
2. Jawaban sama dengan nomor satu
3. Disesuaikan ( Benar sempurna = 15, Kurang sempurna = 10, Banyak kesalahan = 5 )
4. Disesuaikan ( Benar sempurna = 15, Kurang sempurna = 10, Banyak kesalahan = 5 )
5. Disesuaikan ( selalu = 15, kadang-kadang = 10 dan tidak pernah = 0 )
Lampiran 2:
Materi / Bahan Ajar
A. Pengertian Adab Makan dan Minum
Sebagai sesuatu yang penting, makan dan minum memiliki aturan, baik itu yang bersumber dari adat kebiasaan masyarakat maupun bersumber pada ajaran agama. Setiap orang harus dapat memahami semua adab makan dan minum yang berlaku dimasyarakat, baik di lingkungan sendiri maupun di daerah orang lain. Seseorang yang tidak tahu atau tidak mau menerapkan adab makan dan minum yang berlaku dimasyarakat ia akan kurang mendapat penghargaan.
Adab makan dan minum artinya cara mempraktekan makan dan minum yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Apabila belum memahami adab makan dan minum di suatu daerah yang dikunjungi, janganlah malu untuk bertanya. Bertanyalah secara baik-baik kepada teman atau masyarakat setempat.
B. Adab Makan dan Minum
a. Pilihlah Makanan dan minuman yang halal dan baik.
b. Hendaklah mencuci tangan terlebih dahulu
c. Membaca Basmalah dan do’a sebelum makan
d. Memulai makan atau minum dengan tangan kanan terlebih dahulu
e. Makan hendaklah sambil duduk
f. Hendaklah mengambil makanan yang mudah terjangkau
g. Bersikap sopan dan menghindari hal yang bisa mengganggu proses makan
h. Dilarang mencela makanan dan minuman, jika suka silahkan ambil (konsumsi)
i. Tidak makan selagi makanan atau minuman masih panas
j. Makan dengan tidak tergesa-gesa
k. Membaca do’a sesudah makan
l. Merapihkan kembali peralatan setelah selesai makan.
Soal-soal Latihan
1. Sebutkan adab makan dan minum yang benar yang kamu ketahui !
2. Sebutkan secara berurutan adab makan dan minum yang benar !
3. Coba praktekan adab makan dan minum yang benar !
4. Silahkan praktekan contoh adab makan dan minum yang tidak benar !
5. Praktekan adab makan dan minum di lingkungan sekolahmu
Pedoman Penilaian
Soal no 1 = 15
Soal no 2 = 15
Soal no 3 = 20
Soal no 4 = 20
Soal no 5 = 30
Seluruh skor dijumlahkan kemudian dibagi 10
Daftar Pustaka
1. Buku Ayo Belajar AGAMA ISLAM kelas VII, M. Nasikin dkk, Jakarta. Erlangga. 2007
2. Buku Pendidikan Agama Islam kelas VII, Asep Herdi dkk. Bandung. Regina. 2005
3. Buku LKS Merpati, Jakarta. Graha Pustaka. Tahun 2007
KISI KISI SOAL
Satuan Pendidikan : SMP N 2 CIBINGBIN Jumlah Soal :15
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam Bentuk Soa : Pilihan ganda dan Esai
Kurikulum : KTSP Alokasi Waktu : 20 menit
Penyusun : Sobarudin / Kelompok 20
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Kelas/Smt | Materi Pokok | Indikator | Bentuk Tes | No soal |
1. | Membiasakan Perilaku Terpuji | - Menjelaskan Pengertian Tawadhuk, Taat, Qanaah dan Sabar - Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadhu, taat, qanaah dan sabar - Menampilkan perilaku Tawadhuk, Taat, Qanaah dan Sabar | VII/I | - Pengertian Tawadhuk, Taat, Qanaah dan Sabar - Contoh perilaku Tawadhuk, Taat, Qanaah dan Sabar | 1.Menjelaskan Pengertian perilaku Tawadhuk, taat, qanaah dan sabar 2.membedakan contoh perilaku tawadhu, taat, qanaah dan sabar 3.menunjukan contoh perilaku taat 4.mempraktekan contoh perilaku qanaah, taat, qanaah dan sabar | PG dan Esay PG dan Esay PG dan Esay PG dan Esay | PG=1-4 Es=1-2 PG=6-8 Es=3-4 PG=9 PG=5,10 Es=5 |
Soal Pilihan Ganda
A. Pilihan Ganda
1. Tawadhuk berarti...
a. Sederhana b. Takut kepada Allah c. rendah hati d. Berhati-hati
2. Ketika sakit datang, selalu menghadapi dengan tenang termasuk sikap...
a. Kanaah b. Tawadhuk c.pasrah d. Sabar
3. Qanaah berarti...
a. Pasrah b.merasa senang c.cukup d. Merasa kurang terus
4. Secara bahasa taat berarti...
a. Patuh b. Curang c. setia d. lalai
5. Perilaku berikut menunjukan sikap taat di lingkungan sekolah...
a. Membuang sampah sembarangan
b. Menuruti perintah kakak kelas untuk membeli rokok
c. Mengerjakan PR yang diberikan dengan tepat waktu
d. Selalu memberikan bantuan kepada adik saat mengerjakan PR
6. Berikut ini merupakan contoh perilaku qanaah, kecuali...
a. Senantiasa berpikir positif saat menghadapi ujian
b. Menerima dengan ikhlas setiap rezeki yang diberikan Allah
c. Bersikap tenang dan selalu berprasangka baik terhadap Allah
d. Tidak menyombongkan diri ilmu yang dimiliki
7. Orang rendah hati biasanya...
a. Berpenampilan mewah
b. Berpenampilan sederhana
c. Menahan diri untuk cepat marah
d. Memamerkan baju yang baru dibeli dengan mahal
8. Berikut ini adalah contoh ketaatan, kecuali...
a. Orang yang memberikan harta banyak kepada kita
b. Allah SWT
c. Rasulallah SAW
d. Pemimpin yang tidak berbuat maksiat
9. Berikut ini adalah manfaat dari safat qanaah...
a. Banyak waktu luang
b. Hidup merasa tenang
c. Badan menjadi gemuk
d. Badan menjadi langsing
10. Gambaran orang yang memiliki kesabaran ditunjukan pada pernyataan...
a. Diam saja waktu dipukul orang
b. Pasrah terhadap apa saja yang terjadi
c. Senantiasa menunggu mendapatkan bantuan orang lain
d. Ketika mendapat musibah mengucapkan Inna lillahi wainna ilaihi roji’un
B. Soal Esay
1. Jelaskan pengertian dari Tawadhuk dan Taat !
2. Jelaskan pengertian dari Qanaah dan sabar !
3. Sebutkan 1 contoh perilaku yang mencerminkan sikap Tawadhuk dan Taat!
4. Sebutkan 1 contoh perbuatan yang mencerminkan Qanaah dan sabar !
5. Sebutkan sikap kita apabila mendapat musibah !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar